Wednesday, February 28, 2018
SIKLUS MOTOR BENSIN 2 TAK DAN MOTOR BENSIN 4 TAK
SIKLUS MOTOR BENSIN 2 TAK DAN MOTOR BENSIN 4 TAK
1. Motor Bensin 2 Tak siklusnya :
a.) Langkah Hisap & Kompresi
Pada langkah ini, piston bergerak dari TMB ke TMA.dibawah piston terjadi ke vakuman sehingga menghisap campuran udara dan bahan bakar dari karbulator masuk ke ruang engkol. Di atas piston terjadi pengopresian udara dan bahan bakar, saluran masuk dalam keadaan terbuka dan saluran buang/bilas dalam keadaan tertutup .engkol bergerak 180 derajat.
b.) Langkah Usaha dan Langkah buang
Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA. Busi memercikan bunga api sehingga diatas piston terjadi pembakaran dan ledakan sehingga mendorong piston bergerakn dari TMA ke TMB. Bersamaan dengan itu, Akibat dari dorongan piston campuran udara dan bahan bakar di ruang engkol terdorong masuk ke ruang bakar melalui saluran bilas dan mendorong gas sisa pembakaran keluar melalui knalpot digantikan dengan gas yang baru.
2. Motor Bensin 4 Tak siklusnya :
a.) Langkah Hisap
Siklus motor bensin 4 tak pada sat langkah hisap, piston bergerak dari TMA ke TMB (TITIK MATI ATAS DAN BAWAH) bergerak sebanyak 190 derajat .Katup masuk dalam keadaan terbuka dan katup buang dalam keadaan tertutup .sehingga, campuran udara dan bahan bakar yang ada di karbulator terhisap ke ruang bakar.
b.) Langkah Kompresi
Siklus motor bensin 4 tak pada saat langkah kompresi, yaitu piston bergerak dari TMB ke TMA bergerak seebanyak 360 deraja.Katup masuk dalam keadaan tertutup dan katub buang dalam keadaan tertutup.Campuran udara dan bahan bakar yang ada di ruang bakar di kompresikan sehingga suhu dan tekananya tinggi.
c.)Langkah Usaha
Beberapa derajat sebelum piston mencapat TMA busi memercikan bunga api sehingga bahan bakar dan udara yang sedang di kompresikan terbakar dan terjadi ledakan, sehingga mendorong piston bergerak dari TMA ke TMB dan engkol bergerak sebanyak 540 derajat.
d.)Langkah buang,
Dari tenaga sisa pada saat langkah usaha piston bergerak dari TMB ke TMA,Katup buang dalam keadaan terbuka dan katup masuk dalam keadaan tertutup.Sehingga, Gas sisa pembakaran terdorong keluar melalui Exhause/Knalpot dan engkol bergerak sebanyak 720 derajat.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.